ANJAS TECH INFO
8 Tips mempertahankan konsumen Warnet
Beberapa waktu yang lalu saya punya tugas untuk mencari artikel untuk salah satu blog yaitu blog penyedia alat pemadam api namun Karena di rumah saya tidak lagi memiliki akses internet sehingga mengharuskan saya pergi ke warnet langganan saya, sama seperti hal warnet lainnya di dekat rumah saya yang menyajikan akses rental internet dan game online tapi saya tetap saja ingin pergi ke warnet langganan saya meski jaraknya lumayan jauh .
Dan hal inilah yang membuat pertanyaan , mengapa saya memilih Warnet tersebut sebagai tempat favorit saya ?
user Warnet |
Apakah Warnet tersebut punya rahasia yang menyebabkan keterkaitan konsumen hingga menjadi pelanggan tetap ?
Dan saya baru teringat tentang pengalaman saya bekerja sebagai operator Warnet yang memiliki banyak sekali pelanggan tetap dan untuk Itulah saya berikan 8 tips mempertahankan konsumen Warnet:
1. Sapalah konsumen dengan baik.
1. Sapalah konsumen dengan baik.
Bagi Operator warnet sebaiknya orang yang bersifat “supel” atau mudah bergaul Maksudnya adalah, ketika konsumen dateng ke Warnet kita, sambutlah dengan senyum, sedapat mungkin ucapkan selamat pagi atau siang.
Point pertama sudah kita dapatkan berupa kesan “ramah”.Biarpun Sebagian User Warnet Game Online Remaja Atau anak kecil , tetap kita sambut tidak perlu formal yang penting terkesan “dekat” .
2. Tanyakan apa keperluannya.
2. Tanyakan apa keperluannya.
Kita harus pro aktif menanyakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”,
Sangat efektif untuk Warnet biasa tanpa Game Online tapi untuk Warnet Game Online , sepertinya hal ini tidak perlu di tanyakan karena sudah pasti jawabannya yaitu bermain Game Online
3. Berikan kualitas terbaik.
3. Berikan kualitas terbaik.
Setiap produk yang kita berikan harus yang terbaik. Jangan sekali-kali kita memberikan kepada konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk yang kita jual.
Semisal tinta Print yang sudah hampir tetap di paksakan untuk ngeprint nanti pasti hasil printnya menjadi kurang baik, atau untuk Personal Computer yang di sediakan memiliki performa yang kurang baik seperti banyak virus atau terkesan “lemot”.
4. Berikan harga yang wajar.
4. Berikan harga yang wajar.
Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu layanan warnet sangat menentukan. Untuk menggunakan layanan warnet konsumen selalu memilih tempat yang sesuai dengan kantong mereka.
Berikan mereka dengan harga sewa warnet yang wajar tapi tetap dibarengi kualitas yang baik, basanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita.
5. Ciptakan kekeluargaan.
5. Ciptakan kekeluargaan.
Maksud saya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung kita jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan.
6. Sistem Membership
Hal ini sudah di terapkan dan tentunya berhasil, dengan trik membership maka konsumen akan menjadi pelanggan tetap karena memiliki akses “member” yang lebih murah di bandingkan paket Personal biasa. Sistem membership ini juga “mengunci” pelanggan agar tidak pindah kewarnet sebelah .
7.Kerjasama Dengan Publisher Game
Khusus untuk warnet khusus Game Online Kerjasama dengan publisher game semisal mengadakan Event di warnet, atau kompetisi game ini salah satu trik jitu promosi warnet .
Cek saja DiLo , salah satu Warnet Game Online terbesar di Indonesia , DiLo selalu mengadakan Event atau kerjasama dengan publisher game hingga menjadi terkenal seperti sekarang.
8. Fasilitas yang memadai
Fasilitas utama seperti Komputer user sebaiknya sangat amat di perhatikan , selalu cek Update Game terbaru, atau semisalnya ada Game Terbaru , rajin membersihkan PC semisalnya 3 bulan sekali . Dan Fasilitas pendukung juga sebaiknya di perhatikan seperti tempat parkir, atau bisa juga sediakan makanan dan minuman ringan + rokok selain untuk tambahan penghasilan warnet ini juga salah satu kunci untuk merubah konsumen warnet Anda menjadi pelanggan tetap .
Kemudian kebersihan Warnet , sebagus apapun warnet jika kurang bersih akan menyebabkan rasa kurang nyaman di hati para konsumen jadi untuk para Operator sebaiknya usahakan kebersihan tetap di jaga .
8 Tips mempertahankan konsumen Warnet inilah yang menjadi kunci untuk membuat konsumen warnet Anda menjadi betah dan selalu kembali kewarnet dan 8 Tips mempertahankan konsumen Warnet ini yang saya terapkan selama 7 bulan lebih bekerja sebagai Operator dan Patcher (teknisi) salah satu Game Centre terbesar di Bekasi , Pelayanan adahal hal yang harus di utamakan . barulah fasilitas warnet Anda .
Nah bagaimana dengan anda?, barang kali punya Tips warnet yang lebih bagus dari dari saya, mari kita berbagi pengalaman dan berbagi tips tentang hal ini.
TIPS DAN TRIK●ARTIKEL●TUTORIAL●TEKA-TEKI●PUISI●CERPEN●LIRIK LAGU●DOWNLOAD Jangan Anggap Remeh Operator Warnet Kalau kalian pergi ke warnet pagi-pagi banget, ada orang yang matanya terkantuk dan mulai salah memberi uang kembalian anda..................siapa hayo ...?Dia adalah OPERATOR WARNET yang jam kerjanya tidak akan terbayangkan olehmu...Pengaturan shift , yang tidak biasa telah menjadi makanan sehari2nya....Jam kerjanya biasanya tidak tentu...dan setiap shiftnya memakan waktu 8-12 jam..... Terkadang malah bisa lebih klo ada yang ABSEN Jadi bayangkan saja, Suatu hal yang biasa gak menurut kalian .. heheheheheDengan gaji pas-pasan UMR bahkan terkadang di bawah UMR, Namun Operator Warnet tetap setia melayani pelanggan...dengan ramah-tamah dan senyum yang manis supaya pelanggan tidak kecewa ..........Jadi seorang Operator Warnet harus pinter dan cekatan . Tanpa kalian sadari seorang Operator Warnet itu merangkap beberapa pekerjaan antara lain : 1. Teknisi Komputer (Amatiran ) Misalnya ada komputer yg rusak, siapa yang pertama kali mencoba tuk benerin? ..... Coba mencoba, walaupun terkadang malah makin ga beres. ( Malah tambah parah ) hahahahahaha...... yang penting usaha dan usaha .. sebisa mungkin harus bisa. hehehehe 2. Software Analisis ( selalu pengen tau ) ini lagi....software segala macam seharusnya sudah di luar kepala!!! ( intermezzo ) Client : Mas, ada kameranya yang bisa buat chat gak? OPerator : ada pak Client : Kalo yang buat ngetik ada gak mas? OPerator : ada pak,....pake Open Office aja bisa kok, ntar saya bantu Client : Kalo mo Scan anti virus bisa ga? OPerator : bisa, bisa main aja dulu pak entar tak kasih tau caranya? Client : oke dah Mas, btw disini ada Media Player Classic ga Mas? OPerator : He'apa Pak!? sambil pura-pura gak denger, pdhl dah tau kalo ni Bapak bakal mo ...................lihat CEPU hahahahahahaha Client : alah.... masa Mas nih ga tau sih? ...sambil senyam senyum ga jelas gitu Buset 3. User's Trainer / User's Guide / Google, E-mailing, Friendster, Facebook terkadang ada Client yg OOnnya setengah mati... sampai-sampai nyalain komputer aja ga isa... tapi urusan CEPU lihainya minta ampun... intermezzo Client : Masssssssss, ini komputerna koq ga nyala2 sih? OPerator : Tombol power di CPUna dah dipencet lom mba'?.. ups salah pak hehehe Client : Tombol power itu yg mana ya, Mas? OPerator : :gubrag: selain itu terkadang mereka meluangkan waktuna buat ngajarin anak sma-smp OON yg Pengen ikutan tren pesbuk! ngajarin mereka yg lom pernah bikin e-mail bahkan yang belum kenal sama sekali dengan search engine misal Google. intermezzo Client : Massssss, ni internetnya koq ga connect2 ya? coba mas ke sini dah OPerator : tuing tuing ???, ga connect gimana maksudna mba'? ngluangin waktunya sebentar bwat ke bilik klien.... Client : ini lho Mas ....sambil nunjuk ke layar monitor, dimana ada tampilan Mozilla / Browser yg masih dalam kondisi blank document / alias lom diketik website yg mo dituju] OPerator : ???, mba' na mo buka apa iq? Client : Google... gimana carana sih Mas? dari tadi aq tungguin koq ga buka2... OPerator : humphht, gini carana ya mba', kalo mo buka Google... mba' na harus ketik Google.com di sini ...sambil nunjukin address bar yg ada di Mozilla / browser lalu tekan enter mba' Client : oh gitu ya? pantes dari tadi aq tungguin dari tadi ga muncul2 tampilan Googlenya Mas, btw makasi ya Mas... sambil pasang muka polos OPerator : sama2 mba' "sambil nahan tawa dikit" 4. Cleaning Service ini berlaku bagi semua shift!! luar biasa!! begitu dateng maupun sehabis begadang Anda diharuskan membersihkan warnet dari segala macam kotoran!! tidak terkecuali membersihkan kamar mandi!! kadang2 beres2 nyapu ngepel.... 5. Ahli Pembukuan menjadi ahli akuntansi mendadak ketika mencatat pengeluaran/ pemasukan/ stok/ 6. Psikiater Terkadang juga banyak orang curhat ma operator. Untung-untung kalo yg curhat cewe' akep trus sapa tau isa jadi gebetan. Hahahahahaha 7. Gamers utk membunuh rasa booring cos kelamaan nongkrong di depan komputer diperlukan sebuah hiburan yg menarik..... misal : " main games, canda tawa dichat,dan banyak lainya termasuk lihat ...... hehehehehe tentunya ( cepu )" 9. Network Expert Network Connection and Sharing!!! itu mah udah makanan sehari-hari....!!!! 10. Tukang Parkir Selain ngurusi kasir, operator warnet juga harus nata motor dan jagain...Tukang pakir yang ganteng hehehehe supaya Client bermain bisa tenang dan jauh dari curanmor 11. Anger Management / Can Work Underpreasure tiap ari makan ati melulu kalo ketemu user yang nyolotin, cerewet paling ribet klo koneksi lagi lelet ato putus misalnya, ditambah ngurusin duit kembalian, nyetingin file yang mau dicetak,yang kurang bener , dan haru perhatikan parkiran aman atau tidak .. huft !!! pusing intermezzo: Client : mas, kok FBku gak bisa kebuka ya" OPerator : mbak mungkin salahmasukin paswod atau IDnya coba diulang lagi? Client : Udah benr kok masa.. kayaknya OPerator : sebentar ya mbak ..... entar tak kesitu. mana ketika ini belom selesai . dengan suara pelan , 12. The Bodyguard / The Guardian / The Satpam selalu siap sedia korbankan jiwa dan raga wat jagain warnet dari para perusuh, user2 rese', user2 jail yg klepto, preman2 mabuk yg hobi b***ping. he3x. 13. Sekretaris Pribadi User terkadang ada user yang minta diketikin lah, dibuatin coverlah, dicariin datalah, minta salin data maupun disuruh ngeprint out. intermezzo Singkat cerita ada User [Bapak2... masih muda, penampilan perlente kek Eskmud gitu dtg ke warnet naik CRV] yang dah 5 menit lebih di bilik but lom login2, sang OP pun segera bertindak wat ngecek keadaan bilik tsb, dan terjadilah sepenggal percakapan OPerator : ada yg bisa dibantu pak, atau kesulitan login? Client : oh...nggak koq mas. lagi nunggu..... OPerator : nunggu temen pak?" Client : nggak. nih nunggu kiriman email temen. dr tadi saya tunggu koq ngak dateng2. katanya sih hrs di warnet terdekat. tp koq setelah satu jam akhirnya tuh bapak nyerah, trus mo pulang..... Client : sdh mas, berapa? OPerator : emailnya sdh datang pak? Client : belum juga tuh mas. nggak tahu saya. OPerator : owh ya sdh. gak usah bayar pak. khan emailnya lom diterima. sambil nahan ketawa 14. Designer Grafis cuman modal CorelDraw ma potoshop doank kalau ga' bisa 2 sopwer tsb Anda boleh mencoba pake Ms. Paint. mereka bisa lakuin apapun dari bikin kartunama, edit ijazah, edit poto,edit surat, edit scanan. paling parah klo ada user minta suruh editin scan2an surat penting...hahahahaha sering aku tolak ..... . *Catatan : Jadi jangan anggap remeh pekerjaan sebagai operator warnet.
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
TIPS DAN TRIK●ARTIKEL●TUTORIAL●TEKA-TEKI●PUISI●CERPEN●LIRIK LAGU●DOWNLOAD Jangan Anggap Remeh Operator Warnet Kalau kalian pergi ke warnet pagi-pagi banget, ada orang yang matanya terkantuk dan mulai salah memberi uang kembalian anda..................siapa hayo ...?Dia adalah OPERATOR WARNET yang jam kerjanya tidak akan terbayangkan olehmu...Pengaturan shift , yang tidak biasa telah menjadi makanan sehari2nya....Jam kerjanya biasanya tidak tentu...dan setiap shiftnya memakan waktu 8-12 jam..... Terkadang malah bisa lebih klo ada yang ABSEN Jadi bayangkan saja, Suatu hal yang biasa gak menurut kalian .. heheheheheDengan gaji pas-pasan UMR bahkan terkadang di bawah UMR, Namun Operator Warnet tetap setia melayani pelanggan...dengan ramah-tamah dan senyum yang manis supaya pelanggan tidak kecewa ..........Jadi seorang Operator Warnet harus pinter dan cekatan . Tanpa kalian sadari seorang Operator Warnet itu merangkap beberapa pekerjaan antara lain : 1. Teknisi Komputer (Amatiran ) Misalnya ada komputer yg rusak, siapa yang pertama kali mencoba tuk benerin? ..... Coba mencoba, walaupun terkadang malah makin ga beres. ( Malah tambah parah ) hahahahahaha...... yang penting usaha dan usaha .. sebisa mungkin harus bisa. hehehehe 2. Software Analisis ( selalu pengen tau ) ini lagi....software segala macam seharusnya sudah di luar kepala!!! ( intermezzo ) Client : Mas, ada kameranya yang bisa buat chat gak? OPerator : ada pak Client : Kalo yang buat ngetik ada gak mas? OPerator : ada pak,....pake Open Office aja bisa kok, ntar saya bantu Client : Kalo mo Scan anti virus bisa ga? OPerator : bisa, bisa main aja dulu pak entar tak kasih tau caranya? Client : oke dah Mas, btw disini ada Media Player Classic ga Mas? OPerator : He'apa Pak!? sambil pura-pura gak denger, pdhl dah tau kalo ni Bapak bakal mo ...................lihat CEPU hahahahahahaha Client : alah.... masa Mas nih ga tau sih? ...sambil senyam senyum ga jelas gitu Buset 3. User's Trainer / User's Guide / Google, E-mailing, Friendster, Facebook terkadang ada Client yg OOnnya setengah mati... sampai-sampai nyalain komputer aja ga isa... tapi urusan CEPU lihainya minta ampun... intermezzo Client : Masssssssss, ini komputerna koq ga nyala2 sih? OPerator : Tombol power di CPUna dah dipencet lom mba'?.. ups salah pak hehehe Client : Tombol power itu yg mana ya, Mas? OPerator : :gubrag: selain itu terkadang mereka meluangkan waktuna buat ngajarin anak sma-smp OON yg Pengen ikutan tren pesbuk! ngajarin mereka yg lom pernah bikin e-mail bahkan yang belum kenal sama sekali dengan search engine misal Google. intermezzo Client : Massssss, ni internetnya koq ga connect2 ya? coba mas ke sini dah OPerator : tuing tuing ???, ga connect gimana maksudna mba'? ngluangin waktunya sebentar bwat ke bilik klien.... Client : ini lho Mas ....sambil nunjuk ke layar monitor, dimana ada tampilan Mozilla / Browser yg masih dalam kondisi blank document / alias lom diketik website yg mo dituju] OPerator : ???, mba' na mo buka apa iq? Client : Google... gimana carana sih Mas? dari tadi aq tungguin koq ga buka2... OPerator : humphht, gini carana ya mba', kalo mo buka Google... mba' na harus ketik Google.com di sini ...sambil nunjukin address bar yg ada di Mozilla / browser lalu tekan enter mba' Client : oh gitu ya? pantes dari tadi aq tungguin dari tadi ga muncul2 tampilan Googlenya Mas, btw makasi ya Mas... sambil pasang muka polos OPerator : sama2 mba' "sambil nahan tawa dikit" 4. Cleaning Service ini berlaku bagi semua shift!! luar biasa!! begitu dateng maupun sehabis begadang Anda diharuskan membersihkan warnet dari segala macam kotoran!! tidak terkecuali membersihkan kamar mandi!! kadang2 beres2 nyapu ngepel.... 5. Ahli Pembukuan menjadi ahli akuntansi mendadak ketika mencatat pengeluaran/ pemasukan/ stok/ 6. Psikiater Terkadang juga banyak orang curhat ma operator. Untung-untung kalo yg curhat cewe' akep trus sapa tau isa jadi gebetan. Hahahahahaha 7. Gamers utk membunuh rasa booring cos kelamaan nongkrong di depan komputer diperlukan sebuah hiburan yg menarik..... misal : " main games, canda tawa dichat,dan banyak lainya termasuk lihat ...... hehehehehe tentunya ( cepu )" 9. Network Expert Network Connection and Sharing!!! itu mah udah makanan sehari-hari....!!!! 10. Tukang Parkir Selain ngurusi kasir, operator warnet juga harus nata motor dan jagain...Tukang pakir yang ganteng hehehehe supaya Client bermain bisa tenang dan jauh dari curanmor 11. Anger Management / Can Work Underpreasure tiap ari makan ati melulu kalo ketemu user yang nyolotin, cerewet paling ribet klo koneksi lagi lelet ato putus misalnya, ditambah ngurusin duit kembalian, nyetingin file yang mau dicetak,yang kurang bener , dan haru perhatikan parkiran aman atau tidak .. huft !!! pusing intermezzo: Client : mas, kok FBku gak bisa kebuka ya" OPerator : mbak mungkin salahmasukin paswod atau IDnya coba diulang lagi? Client : Udah benr kok masa.. kayaknya OPerator : sebentar ya mbak ..... entar tak kesitu. mana ketika ini belom selesai . dengan suara pelan , 12. The Bodyguard / The Guardian / The Satpam selalu siap sedia korbankan jiwa dan raga wat jagain warnet dari para perusuh, user2 rese', user2 jail yg klepto, preman2 mabuk yg hobi b***ping. he3x. 13. Sekretaris Pribadi User terkadang ada user yang minta diketikin lah, dibuatin coverlah, dicariin datalah, minta salin data maupun disuruh ngeprint out. intermezzo Singkat cerita ada User [Bapak2... masih muda, penampilan perlente kek Eskmud gitu dtg ke warnet naik CRV] yang dah 5 menit lebih di bilik but lom login2, sang OP pun segera bertindak wat ngecek keadaan bilik tsb, dan terjadilah sepenggal percakapan OPerator : ada yg bisa dibantu pak, atau kesulitan login? Client : oh...nggak koq mas. lagi nunggu..... OPerator : nunggu temen pak?" Client : nggak. nih nunggu kiriman email temen. dr tadi saya tunggu koq ngak dateng2. katanya sih hrs di warnet terdekat. tp koq setelah satu jam akhirnya tuh bapak nyerah, trus mo pulang..... Client : sdh mas, berapa? OPerator : emailnya sdh datang pak? Client : belum juga tuh mas. nggak tahu saya. OPerator : owh ya sdh. gak usah bayar pak. khan emailnya lom diterima. sambil nahan ketawa 14. Designer Grafis cuman modal CorelDraw ma potoshop doank kalau ga' bisa 2 sopwer tsb Anda boleh mencoba pake Ms. Paint. mereka bisa lakuin apapun dari bikin kartunama, edit ijazah, edit poto,edit surat, edit scanan. paling parah klo ada user minta suruh editin scan2an surat penting...hahahahaha sering aku tolak ..... . *Catatan : Jadi jangan anggap remeh pekerjaan sebagai operator warnet.
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
EmoticonEmoticon